WELCOME

..Prince leonardo arch 11th..

Sabtu, 28 Agustus 2010

Manusia Mahluk Yang Sempurna

Allah telah menciptakan bermacam-macam mahluk-Nya,dengan memiliki potensi dan bentuk yang berbeda.Di antara sekian banyak mahluk Allah,hanya manusia yang termasuk mahluk sempurna.Kesempurnaan manusia tidak hanya dilihat dari bentuknya, tetapi juga dari potensi yang dimilikinya. Potensi ini berupa akal dan nafsu.Karenaada mahluk yang hanya mempunyai akal,tetapi tidak memeiliki nafsu, seperti malaikat. Ada juga mahluk yang hanya memiliki nafsu dan tidak mempunyai akal, yaitu syetan dan hewan.
Di suatu sisi, dengan potensi tersebut, malaikat akan selalu berbuat baik, dan di sisi lain, syetan dan binatang akan selalu berbuat salah. Lain halnya dengan manusia, ia kemungkinan berbuat baik dan kemungkina juga berbuat salah. 
Apabila manusia mempergunakan akalnya dengan baik dan tidak memperturutkan nafsunya, ia akan menjadi mahluk yang baik. bahkan, derajad manusia lebih tinggi dari malikat. Tetapi bila hawa nafsu yang di perturutkan, manusia akan menjadi mahluk yang hina, bahkan lebih hina dari hewan.
Dan itulah salah satu fungsi puasa agar kita tidak menurutkan hawa nafsu kita yang buruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar